Wednesday, November 11, 2015

TUGAS 2
KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESASTRAAN

A. Pengertian sastra dan seni

Sastra (sanskerta,shastra) , merupakan kata serapan dari sanskerta yang berarti " teks yang mengandung instruksi " atau "ajaran" . Dalam bahasa kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada " kesusastraan", atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti dan keindahan tertentu.

Seni adalah sebuah kata yang semua orang pasti mengenalnya , walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. konon katanya kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "jiwa yang luhur/Ketulusan jiwa". Mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilmu di eropa mengatakan "ART' artivisial yang artinya adalah barang / karya dari sebuah kegiatan.

B. Hubungan antara sastra & seni dengan IBD

Hubungan sastra dan seni dengan ilmu budaya dasar adalah sama-sama memiliki objek yang sama yaitu manusia. sama-sama mempelajari hubungan antar manusia melalui suatu komunikasi yang beraneka ragam macamnya. dan bayangkan jika manusia hidup tanpa seni. Jika manusia hidup tanpa bisa menyalurkan ekspresi mereka atau tidak bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya, maka akan menggangu kejiwaan atau psikologis manusia tersebut.


Sumber

https://elnow.wordpress.com/2011/04/02/materi-3-konsepsi-ilmu-budaya-dasar-dalam-kesusastraan/

https://noviauligurning.wordpress.com/2014/10/17/hubungan-ilmu-budaya-dasar-dengan-sastra/

No comments:

Post a Comment