MENSOSIALISASIKAN
KOPERASI KEPADA MASYARAKAT
Eksistensi koperasi di
Indonesia hingga kini masih selalu menjadi perbincangan umum, maupun di
kalangan akademis, yang seakan-akan tidak pernah habisnya. Setelah
membahas tentang koperasi dari tugas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa
Koperasi itu adalah suatu badan usaha yang tujuannya adalah untuk mensejahterakan para anggotanya.
Artinya, jika para anggotanya tidak sejahtera, maka berarti koperasi tersebut
gagal mewujudkan fungsi atau peran utamanya.
Sebenarnya berpartisipasi dalam sebuah
koperasi banyak Keuntungan yang dapat diperoleh oleh masyarakat baik keuntungan
berupa financial maupun non financial. Maksud keuntungan financial disini
seperti anggota dapat meminjam uang pada koperasi untuk modal usaha dengan
bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman kepada rentenir. selain
itu iuran yang dipungut dari anggota pun tidak menguras kantong dan
Keuntungan yang lainnya yaitu seperti setiap anggota dapat membeli
barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah di koperasi. Hal
ini tentunya sangat menguntungkan bukan menjadi anggota koperasi. oleh
karena itu dalam kondisi perekonomian Indonesia yang saat ini sangat
mencekik hal seperti ini perlu diketahui oleh masyarakat,agar masyarakat mampu
memilah-memilah keuangan dengan baik. untuk itu masyarakat perlu mengetahui
informasi seperti ini penyampaian nya itu dapat berupa sosialisasi
Adapun cara melakukan sosialisasi
koperasi kepada masyarakat yang awam bahkan mengetahaui koperasi sedikit demi
sedikit adalah sebagai berikut :
1. Peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai
keorganisasaian dan pengelolaan dan pendirian koperasi, perencanaan usaha,
aspek hukum usaha, permodalan dan peluang usaha.
Contohnya:
Memberikan
pengetahuan bagi masyarakat mengenai pendirian dan pengelolaan koperasi serta
aspek-aspek ekonomi dan hukum yang berkaiatan dengan perkoperasian.
2. Memberikan kesadaran kepada masyarakat arti
penting berkoperasi, koperasi yang
dibentuk haruslah melaksanakan prinsip-prinsip koperasi, serta
menghindari pembentukan koperasi hanya kepentingan sesaat dari beberapa orang
saja. Apabila peserta sosialisasi ini dapat memberikan penjelasan atau
motivasi kepada masyarakat arti penting berkoperasi.
3. Memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai
prinsip dan peran dari suatu koperasi itu sendiri, dengan tujuan agar
sosialisasi ini dapat memotivasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam
melakukan kegiatan koperasi.
4. Memberikan penjelasan kepada masyarakat
mengenai prinsip dan peran dari suatu koperasi itu sendiri, dengan tujuan agar
sosialisasi ini dapat memotivasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam
melakukan kegiatan koperasi.
Dengan
adanya kegiatan seperti ini diharapkan :
· Adanya
Peningkatkan pengetahuan masyarakat bagaimana mendirikan koperasi dan
pengelolaannya
· Adanya
Peningkatkan pemahaman masyarakat akan arti penting koperasi bagi masyarakat
· Mensosialisaikan
koperasi pada masyarakat agar masyarakat tertarik pada koperasi yang paling
efektif juga bisa dengan menggunakan sosial media internet.Memanfaatkan media
teknologi yang sekarang sudah maju, mulai dari internet atau media massa
masyarkat merupakan suatu cara sosialisasi yang sangat efektif, dari
segi waktu, uang dan tenaga.
· Bisa
juga dengan meemberikan informasi koperasi lebih mendalam lewat brosur, pamflet
atau semacamnya,Didalambrosur tersebut bisa menampilkan hal-hal menarik tentang
koperasi seperti pembelian diskon diskon setiap pembelian barang
tertentu.
· Adanya
kegiatan sepeti seminar-seminar tentang koperasi bersifat persuasif.Didalam
kegiatan tersebut masyarakat bisa mengadakan Tanya jawab dengan pakarnya
agar dapat lebih mengetahui tentang koperasi itu sendiri dan tidak hanya
mendengar sosialisasi tersebut. Tapi diharapkan diwujudkan dalam kenyataannya
sehingga dapat memajukan perkoperasian di Indonesia.
Selain itu
juga dapat diterapkan beberapa metode-metode contohnya:
1. Penyuluhan
dan sosialisasi (ceramah)
Dengan cara
memotivasi agar masyarakat memiliki keinginan yang kuat untuk mendirikan serta
menjadi anggota koperasi.
2. Metode
Tanya jawab.
Dengan
memberikan kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal tertentu yang
dianggap belum jelas berupa jawaban, tanggapan dan pemikiran-pemikiran lainnya
Diharapkan
dengan sosialisasi seperti yang telah dijelaskan di atas,masyarakat akan leboh
tertarik akan koperasi dan diharapkan juga koperasi-koperasi di Indonesia dapat
berkembang lebih baik lagi,dan tetap bertahan sebagai soku guru perekonomian
Indonesia.
REFERENSI
No comments:
Post a Comment